Sunday 22 April 2012

Awkward Share #3, bahagia

manfaatkan waktu yang lo punya. manfaatkan semua yang mengalir dalam hiduplo. keluarga, teman, dan dirilo sendiri. terkadang segala sesuatu ga akan sama seperti sebelumnya. terkadang harus ada yang lebih dahulu meninggalkan, tetap tinggal, dan ditinggalkan. terkadang tidak semuanya menyenangkan, bahkan bahagia. gunakan waktulo bersenang-senang bersama mereka ketika lo masih sempat bersamanya, bersama mereka.

menurut gua, definisi bahagia itu bukan bahagia untuk diri sendiri. tapi lo bisa berbagi kebahagiaan dari rasa bahagia yang lo punya, lo bisa membuat banyak orang bahagia dalam kondisi dan situasi apapun. tidak peduli perbedaan, tidak peduli halangan, tetap buat banyak orang bahagia. namun bukan berarti lo melupakan kebahagiaan untuk dirilo sendiri. semuanya harus tetap memiliki porsi yang sama. menurut gua salah satu hal paling hebat yang bisa dilakukan manusia biasa adalah bisa memberikan kebahagiaan kepada orang lain yang diinginkannya (apalagi yang membutuhkan) sama seperti kebahagiaan yang dia miliki, atau lebih dari itu.

manfaatkan waktu yang lo punya. lo cuma punya satu kehidupan, dan singkat. lo cuma punya empat fase: anak, remaja, dewasa, dan tua. di posisi manakah lo saat ini? apakah lo berada di peralihan di antara dua fase? dan semua tidak akan sama persis. semua akan berubah seperti dedaunan di pucuk tertinggi, hingga akhirnya kembali ke tanah. "untukku agamaku, untukmu agamamu". yakinlah dengan keyakinan yang lo pegang, namun jangan berhenti sampai situ. keyakinan akan sesuatu belum berarti keyakinan akan kebenaran. dan dirilo sendiri yang mesti mencari tahu kebenaran itu, dan tanyakan pada dirilo apakah keyakinanlo sudah benar. ketahuilah semuanya akan diperhitungkan kelak. dan saat yang akan datang itulah dimana definisi bahagia sebenarnya. namun sayang, tidak untuk semua.

dan ketika emas disandingkan dengan kayu bakar, emas tidak akan berharga tanpa adanya orang lain, dan kayu bakar tidak sehina itu dengan adanya dirilo.
gua ga menyarankanlo untuk berbahagia, tapi untuk bahagia.
pikirkan dengan baik, apa perbedaan keduanya. dan temukanlah bahagia.

No comments:

Post a Comment